KONSUIL AREA BANYUWANGI JL. KALASAN NO. 11 BANYUWANGI JAWA TIMUR
KEPALA AREA KONSUIL BANYUWANGI: H. ACHWAN # KAUR. SERTIFIKASI : F. ALEXSIUS LONDONG, ST # KAUR. ADMIN & TEKNIK : SAMSUL ARIB, SE # KOORDINATOR BWI : AGUS DANI TRISWANTO # KOORDINATOR GENTENG : M. MACHRUS #

Selasa, 30 November 2010

KERUGIAN-KERUGIAN INSTALASI LISTRIK YANG TIDAK STANDAR

Sebagai pengguna Listrik Pasti kita menginginkan Listrik Rumah kita yang  aman, andal dan murah dalam pembayaran rekening listrik. Tapi karena masyarakat kita tidak semua memahami Instalasi listrik, Hal ini yang bisa menjadi masalah dan  permasalahan dimasyarakat, Kenapa begitu..........???   


  • Bila kita tidak mengerti Instalasi Listrik, Kita bisa jadi makanan empuk Oknum-oknum BTL yang Nakal memasang Listrik kita dengan matrial yang tidak SNI dan asal menyala.
  • Dengan kurang mengertinya kita terhadap Instalasi Listrik, itu membuat kita menambah sendiri instalasi listrik yang ada dirumah kita tampa memperhatikan standar pemasangan instalasi listrik. Kita memasang instalasi dengan kabel serabut yang tidak standar. kita memasang instalasi listrik dengan kabel telepon, yang  penting nyala, dll.
APA DAMPAK ( Kerugian )BILA INSTALASI LISTRIK RUMAH KITA TIDAK STANDAR ......!!!


  1. Instalasi listrik yang tidak standar membuat instalasi Listrik kita menjadi tidak aman pada waktu kita mengunakan listrik, Contoh Bisa terjadi kebakaran bila terjadi konselekting Listrik, Kita bisa tersengat arus listrik karena sambungan kabel tidak diisolasi dengan benar dan tidak disambung dalam kotak sambung, dll)
  2. Instalasi listrik yang tidak standar membuat listrik dirumah kita menjadi kurang andal sehingga sering terjadi gangguan.Contoh Instalasi listri dirumah sering mati ( padam ) dikarenakan arus bocor pada penghantar , yang menyebabkan hubung singkat antara fase dengan netral, atau fase dengan pembumian. pada instalasi 3 fase karena pembagian beban tidak seimbang antara FASE  R- S- T sehingga MCB pengaman sering trip sehingga listrik menjadi padam.
  3. Instalasi listrik yang tidak setandar membuat pembayaran rekening listrik dirumah kita menjadi mahal. Kenapa begitu....!!! mari kita urai apa saja penyebab pembayaran rekening listrik rumah kita jadi mahal:  
  • Prilaku kita yang kurang  hemat energi :  Kita malas  mematika  peralatan listrik  yang ada dirumah  yang  sudah tidak dipakai Contoh lampu kamar, radio, televisi, AC, dll.
  • Kebiasaan kita yang beli peralatan listrik yang murah tanpa memperhatikan  kuwalitas dari peralatan dan besarnya daya listrik pada peralatan, Contoh :Pada waktu bola lampu rumah mati ( putus ) kita biasanya membeli yang murah , bola lampu yang harganya Rp 10 ribu dapat tiga , bukan kita membeli bola lampu yang hemat energi, memang sedikit mahal tapi kuwalitas  bagus dan dayanya kecil, sehingga hemat listrik. Pemasangan AC  murah dengan daya listrik yang besar , sehingga boros pemakaian listrik.
  • Instalasi yang tidak standar rekening listik menjadi mahal, pasti pertanyaan kita apa hubungan instalasi yang tidak standar dengan mahalnya kita bayar rekening Listrik...??? Contoh Penggunaan kabel serabut yang tidak standar sehingga banyak terjadi arus bocor pada penghantar, Penggunaan kabel yang kecil yang tidak sesuai kebutuhan, contoh mesin dinamo 15 PK mengunakan kabel dengan penampang 1.5 mm2 sehingga kabel jadi panas. Timbulnya panas pada penghantar dan arus bocor pada instalasi listrik itu sangat dilarang dan merugikan, banyak arus listrik yang terbuang dengan sia-sia, Hal inilah yang membuat pembayaran rekening listrik kita menjadi mahal. 
  • ##### SOLOSI DARI PERMASALAHAN DIATAS ######
  1. Kalau  memasang instalasi listrik  Cari Tukang listrik yang kopeten dibidang listrik . jangan tukang batu atau tukang kayu yang bisa pasang listrik asal nyala tanpa memperhatikan aturan-aturan pemasngan listrik ( PUIL ).Anda bisa menghubungi BTL atau CV anggota dari AKLI, AKLINDO, PAKLINA, DLL.
  2. Periksakan instalasi Listrik anda ke KONSUIL  untuk memastikan apa  instalasi listrik anda sudah standar dan Laik operasi untuk dialiri arus listrik.
  3. Gunakan peralatan-peralatan listrik yang hemat energi dengan daya yang sesuai kebutuhan.
  4. Matikan lampu dan peralatan listrik yang sudah tidak dipakai.
  • By Aris E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU TAMU