KONSUIL AREA BANYUWANGI JL. KALASAN NO. 11 BANYUWANGI JAWA TIMUR
KEPALA AREA KONSUIL BANYUWANGI: H. ACHWAN # KAUR. SERTIFIKASI : F. ALEXSIUS LONDONG, ST # KAUR. ADMIN & TEKNIK : SAMSUL ARIB, SE # KOORDINATOR BWI : AGUS DANI TRISWANTO # KOORDINATOR GENTENG : M. MACHRUS #

Minggu, 29 Agustus 2010

CARA MENGUKUR DIAMETER KABEL DAN MENGHITUNG LUAS PENAMPANG KABEL

Dalam proses pemasangan instalasi listrik penghantar / kabel mempunyai peranan yang sanggat penting.  Agar intalasi listrik anda standar dan aman, gunakan penghantar/ kabel yang SNI, LMK, dan SPLN. Tapi apa sudah cukup hanya dengan SNI, LMK, dan SPLN, bahwa  penghantar / kabel itu standar . Dari hasil cek penampang kabel yang ada dipasaran walapun  ber SNI, LMK, dan SPLN banyak ditemukan kabel yang mempunyai penampang kurang / tidak sesuai dengan yang tertera pada tulisan pada isolasi kabel.  
( Biasanya disebut kabel BANCI )



Rumus dasar mencari luas penampang kabel :
A = 1/4 X 3.14 d2 ( seper empat x 3.14 X diameter kwadrat )
Dimana A : Luas penampang
              d : Diameter kabel
          1/4 : ketetapan ( konstata )
      3.14  : Pie ( kostanta )
Cara untuk mengethui diameter kabel kita bisa dengan cara mengukur pakai Mikrometer.


  Dengan temuan-temuan dilapangan, banyak ditemukan kabel yang SNI,LMK dan SPLN tapi mempunyai penampang yang kurang / tidak sesuai dengan tulisan yang ada pada isolasi kabel tersebut. Sehingga permasalahan ini sangat merugikan konsumen. Siapa yang harus bertanggung jawab............................??? Selama ini kabel yang sudah diujikan di SNI, LMK dan SPLN tidak ada lembaga yang mengawasi kabel itu dipasaran ( toko ). Sehingga diameter kabel dipasaran tidak sesuai dengan yang ada pada tulisanya.
by arise 

4 komentar:

  1. bukannya cara dengan V=I.R dimana I= V/R
    dan R= rjenis x panjang dibagi luas penampang, sehingga di dapat luas penampang = V dibagi I dibagi (tahanan jenis x panjang kabel)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih contoh penyelesaian persoalannya dong,,,,

      Hapus
  2. saya mau tanya nih,,cara menentukan penampang kabel itu kan bisa diliat menurut tabel pada PUIL 2000 berdasarkan kemampuan hantar arus (KHA)...nah untuk KHA 1300A di puil gak ada,,itu cara menentukannya gimana ya?? trus ni cara pembacaan kabel NYY (6x1x120+1x75)mm2 artinya apa ya,,mohon pencerahanya trimakasih

    BalasHapus
  3. thanks banget yaaahhh..
    blog kakak sangat membantu :D

    #NOW,LANJUTIN NGERJAIN PR FISIKA AH!!!!!!!!!

    BalasHapus

BUKU TAMU