KONSUIL AREA BANYUWANGI JL. KALASAN NO. 11 BANYUWANGI JAWA TIMUR
KEPALA AREA KONSUIL BANYUWANGI: H. ACHWAN # KAUR. SERTIFIKASI : F. ALEXSIUS LONDONG, ST # KAUR. ADMIN & TEKNIK : SAMSUL ARIB, SE # KOORDINATOR BWI : AGUS DANI TRISWANTO # KOORDINATOR GENTENG : M. MACHRUS #

Senin, 12 Juli 2010

KEUNTUNGAN / KELEBIHAN INSTALASI LISTRIK YANG DILENGKAPI GPAS ( ELCB )

Sebelum kita jelaskan keuntungan kelebihan instalasi listrik yang dilengkapi GPAS / ELCB, disini kami jelaskan dulu apa itu GPAS....?? GPAS kepanjangan dari Gawai Proteksi Arus Sisa.



GPAS adalah Gawai yang mengunakan pemutus yang peka terhadap arus sisa, yang dapat memutuskan sirkit termasuk hantaran netralnya secara otomatis dalam waktu tertentu, Apabila arus sisa yang timbul karena  kegagalan isolasi melebihi nilai tertentu, sehingga tercegah tertahannya tegangan sentuh yang terlalu tinggi.

Dua keuntungan utama instalasi listrik yang dilengkapi dengan GPAS
1.  Dengan dipasangnya pengaman GPAS pada instalasi menghindarkan  manusia dan binatang dari bertahannya setuhan tegangan sentuh yang terlalu tinggi. Ini artinya kita pengguna instalasi listrik bisa lebih aman dan nyama dalam mengunakan listrik tanpa harus ketakutan akan tersengat arus listrik yang membahayakan bahkan bisa mematikan. 
2. Keuntungan kedua  Dengan dipasangnya pengaman GPAS pada instalasi akan mengamankan kita dari kerugian harta benda yang bisa membuat kita bangkrut jatuh miskin karena bangunan atau rumah kita terlalap sijago merah ( Kebakaran ).

Setelah kita tahu keuntungan / kelebihan GPAS terhadap proteksi atau keamanan manusia dan harta benda, pasti kita bertanya gimana GPAS bisa mengamankan manusia dari sengatan  listrik dan bahaya kebakaran...!!!

Sekilas prinsip kerja GPAS
GPAS akan bekerja apabila arus yang masuk pada hantaran fase GPAS tidak sama dengan jumlah arus yang kembali pada hantaran netral GPAS, dengan adanya perbedaan tersebut mengakibatkan timbulnya medan magnit pada teroid yang menyebabkan timbulnya tegangan pada kumparan sekunder, tegangan ini menyebabkan terlepasnya angker magnit halang sehingga kotak rangkaian terputus.
               Diagram pengawatan pemasangan GPAS satu fase untuk instalasi 1 Grup
















Diagram pengawatan pemasangan GPAS satu fase untuk instalasi 3 Grup




         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar