KONSUIL AREA BANYUWANGI JL. KALASAN NO. 11 BANYUWANGI JAWA TIMUR
KEPALA AREA KONSUIL BANYUWANGI: H. ACHWAN # KAUR. SERTIFIKASI : F. ALEXSIUS LONDONG, ST # KAUR. ADMIN & TEKNIK : SAMSUL ARIB, SE # KOORDINATOR BWI : AGUS DANI TRISWANTO # KOORDINATOR GENTENG : M. MACHRUS #

Selasa, 20 Juli 2010

TIP-TIP AGAR PEMAKAIAN LISTRIK MENJADI HEMAT DAN TAGIHAN REKENING LISTRIK JADI MURAH

Dimasa sekarang yang serba sulit dan serba mahal ini, tagihan rekening listrik juga ikut membebani dan mencekik kehidupan masyarakat indonesia saat ini. harga sembakau naik , TDL naik dan uang begitu sulit dicari. Semua ini kita tidak bisa menyalahkan hanya pada pemerintah saja....!! Bagaimana cara kita bisa menyikapi semua kesulitan-kesulitan  dengan tindakan....???

Ada lima tip-tip agar pemakaian listrik menjadi hemat sehingga tagihan rekening listrik menjadi murah.
  1.  Yang pertama Pasang instalasi listrik anda dengan benar dan standar PUIL 2000, dan dikerjakan oleh orang yang berkopeten dibidang listrik serta gunakan matrial-matrial yang ber SNI ( saklar , MCB, Kabel, dll ), dan satu hal yang terpenting periksakan instalasi listrik rumah anda ke KONSUIL ( KOMITE NASIONAL UNTUK INSTALASI LISTRIK )   Untuk memastikan bahwa rumah anda sudah standar PUIL 2000 dan Laik Operasi untuk dialiri arus listrik.
  2. Yang kedua pakailah listrik hanya sesuai kebutuhan, banyak masyarakat yang tidak menyadari kalau gaya hidup mereka boros dalam pemakian energi listrik. Sebagai contoh kecil saja kalau kita menyalakan lampu dikamar tidur kita sering lupa mematikan disaat kita meninggalkan kamar tidur, sehingga listrik tersebut menjadi mubadir dan boros.
  3. Yang ketiga Gunakan lampu-lampu hemat energi bukan lampu-lampu yang harganya 4 ribuan  atau 10 ribu tiga yang ada di pedagan tepi jalan, memang harga beli murah tapi boros terhadap energi listrik.
  4. Yang keempat Jangan banyak menambah instalasi baik itu permanen maupun temprorer ( sementara ) dengan memakai kabel serabut yang tidak standar. instalasi seperti ini biasanya banyak arus yang bocor yang bisa mengakibatkan pemakaian listrik menjadi boros.
  5. Yang kelima Pasang GPAS pada instalasi listrik rumah anda, GPAS selain sebagai pengaman tegangan sentuh dan arus sisa / bocor juga bisa sebagai media petunjuk bagi kita, bahwa ada instalasi listrik kita kurang bagus tahanan isolasi, bisa disebabkan karena ulah tikus diplofon , usia penghantar ( kabel ) yang sudah tua, dll. ada arus bocor berarti ada arus yang terbuang sia-sia.
Dengan lima tip diatas insyaalah pembayaran listrik kita menjadi lebih hemat dan murah. selamat mengunakan Listrik yang aman, andal dan akrap lingkungan, dengan adanya listrik bangsa  menjadi cerdas , berwawasan luas dan menjadi terang dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU TAMU